SMA Negeri 1 Sangatta Utara Dapatkan Sosialisasi Pola Baru Masuk PTN 2019 - Welcome to SMA Negeri 1 Sangatta Utara

Welcome to SMA Negeri 1 Sangatta Utara

Official Web SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur Kalimantan Timur. Berita Resmi Sekolah, Humas, Kesiswaan, Profil sekolah dan Prestasi.

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 12 Februari 2019

SMA Negeri 1 Sangatta Utara Dapatkan Sosialisasi Pola Baru Masuk PTN 2019

 Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali melaksanakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tepatnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sangatta  Utara. Kegiatan ini diikuti oleh 150 Peserta yang terdiri dari para guru maupun siswa-siswi dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Kutai Timur, Selasa (12/02).


Penjelasan mengenai Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2019 di sampaikan oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) UNMUL, Drs. La Hasan, M. Si. “Ada yang berbeda dengan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019 ini. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini, dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT memiliki kewenangan untuk menangani penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” paparnya.
 
Pada jalur SBMPTN tahun 2019 ini dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu selanjutnya baru melakukan pendaftaran SBMTPN. Kepala BAK juga menyampaikan informasi terbaru mengenai  akreditasi sekolah pada PDSS adalah akreditasi institusi sekolah bukan jurusan.

Penjelasan lainnya disampaikan oleh Staf Akademik UNMUL Muhammad Syarian Noor, S. P, mengenai SNMPTN, UTBK, SBMPTN dan SMMPTN 2019. “Kuota untuk jalur SNMPTN minimum 20 persen dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN dan sistem penilaian untuk SNMPTN berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN, sementara kuota untuk jalur SBMPTN minimum 40 persen dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN dan sistem penilaian untuk SBMPTN berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain (yang ditetapkan bersama oleh PTN) pelaksanaan tes menggunakan komputer sedangkan untuk jalur SMMPTN maksimum 30 persen dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN sistem penilaiannya dapat menggunakan hasil UTBK,” ungkapnya.

Dalam kesempatan, ini hadir Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sangatta Utara Drs. Hasbi, M. Pd yang juga selaku Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Kutai Timur. Dalam sambutannya, Hasbi menyambut baik sosialisasi rutin yang dilakukan setiap tahun oleh UNMUL.
“Dengan adanya sosialisasi ini maka akan bermanfaat bagi siswa–siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Saya berpesan kepada seluruh siswa yang hadir dalam sosialisasi untuk selalu belajar jujur kepada orang tua, jujur kepada diri sendiri, sehingga dikemudian hari nanti akan mendapat yang kita usahakan dan cita–citakan. Tak lupa juga, kami sampaikan terima kasih kepada tim sosialisasi UNMUL, yang sudah datang ke Kabupaten Kutai Timur dalam memberikan informasi pola penerimaan mahasiswa baru tahun 2019,” tuturnya. (hms/ani/zul)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar